Sudah Bulan Oktober?

 


Hitungan hari sudah memasuki bulan Oktober. Lantas jadi bertanya, apa saja yang sudah dilakukan tahun ini? Kok waktu cepat sekali berlalu. Semakin kesini, sudah tidak membuat resolusi yang mumpuni. Kayaknya sudah tidak semangat juga untuk membuat resolusi apapun. Jadi menjalaninya saja perlahan. Tahun ini juga berupaya untuk bisa menjaga kesehatan, baik itu dengan olahraga atau makan sehat. Belajar juga untuk lebih "mendengarkan diri" dan memenuhi kebutuhan diri dari sisi fisik maupun mental. Ketika sudah merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuh, mulai lebih sadar untuk mengurangi atau menganti asupan makanan ke tubuh. Ketika merasa malas olahraga, mulai semangatkan diri untuk sekedar jalan kaki keliling taman saja. Hal-hal sederhana seperti itu kadang memang jadi malas jika ada satu atau dua hari saja yang bolong. Sudah mulai konsisten olahraga, karena ada hari yang mager, rusak semua kebiasaan yang mulai terbangun.

Di tahun ini juga semakin sadar kesehatan itu emang beneran mahal nilainya. Memasuki usian 30an, merasa bahwa bentar-bentar bisa pegal-pegal, gerd kumat, mudah lelah, dll. Jika dulu paling anti dengan koyo dan minyak angin apapun jenisnya, kali ini sampai ada stock koyo di rumah. Kadang kalau malam hari sebelum tidur, balurin tubuh dengan minyak angin dll. Sampai si Koko bilang kenapa jadi renta sekali belakangan ini 😔 Jika dulu tidak pernah membawa obat apapun di tas, kali ini ada obat lambung yang selalu berada di tas. 

Akhirnya mulai kembali untuk makan sehat dan rutin jalan kaki. Jika dulu sempat ikut challenge bersama teman-teman blogger, untuk konsisten jalan kaki tiap hari minimal 20 menit, kali ini mulai bangun kebiasaan itu kembali. Pulang kantor mencoba untuk jalan kaki minimal 30 menit, walaupun belum tiap hari cuma mulai merasa semangatnya untuk menjalani hal ini lagi. Sejak tahun lalu gerd kambuh berkali-kali, akhirnya mulai ganti sarapan dengan makanan yang lebih sehat. Sudah mulai terbiasa untuk sarapan dengan oat yang di seduh air panas lalu tambahin beberapa potong buah-buahan (Seperti buah naga atau kiwi - pakai dua jenis buah ini enaaak banget. Tambahin sedikit yoghurt juga mantap). Kalau bosan makan oat seperti itu, bisa bikin versi yang overnight oat. Pakai yang granola mixed gini juga enak. Sudah ada oat dan kacang-kacangan, tinggal tuang susu. Kemudian diamkan di dalam kulkas semalam. Biasanya saya buat sebelum tidur dan besok pagi saat bangun di makan sebagai sarapan. Karena belinya yang sudah ada kacang-kacangan, kadang tidak tambahin buah-buahan lagi. Tapi di tambahin buah juga semakin enak. 

Jika dulu tidak pernah terbayang akan sarapan dengan oat, sekarang malah ketagihan sekali. Selain enak dan bikin kenyang, jadi lebih sehat dan tidak mudah mengantuk. Dulu terbiasa sarapan roti atau sereal. Karena cenderung manis, jadi lebih mudah craving yang manis-manis juga. Alhasil sering ngemil dan berujung jadi mudah mengantuk. Sejak gerd mudah kambuh, akhirnya mengurangi makan roti dan yang manis-manis. Ngurangin juga makan gorengan dan ubah sarapan jadi pakai oat. Belakangan ini sedang menyoba sarapan dengan Hotto. Selain praktis, ini juga sehat dan bikin kenyang. Gerd juga jadi jarang kumat. Pegel-pegel juga mulai hilang. Tentunya di barengin dengan mengurangi makanan manis dan berminyak, sama mulai rutin jalan kaki. Dulu hanya cobain yang Purto dan terasa manis dari ubi ungu. Kali ini cobain varian barunya, yaitu Mame dari kacang edamame. Buat yang tidak begitu suka manis, Mame ini bisa jadi pilihan. Dua-duanya enak, cuma karena saya biasanya makan manis jadi lebih suka yang Purto.

Nyatanya sudah mau akhir tahun, selain kesehatan merasa perihal lain masih begini-begini saja. Bedanya mulai mau mencoba hal baru, baik itu di bidang menulis maupun pengembangan diri. Mulai ikut seminar untuk pengembangan diri. Mulai mempelajari hal baru seperti belajar buat video untuk dokumentasiin perjalanan liburan yang sudah di jalani. Sebagai anak yang tidak begitu paham desain dan mengedit, hal ini menjadi keseruan baru yang sedang saya nikmati. Adanya beberapa dokumentasi foto dan video selama liburan yang ingin digabung untuk menjadi satu bentuk kenang-kenangan. Sehingga tidak menumpuk foto dan video lainnya. Mengingat banyak foto dan video pun belum tentu akan di buka kembali satu per satu. Jadi mau merangkum kegiatan liburan menjadi satu video dengan gabungan beberapa foto dan video. Semoga bisa konsisten untuk belajar dan melakukannya 😅

Sudah mau bulan Oktober nih, bagaimana kabar resolusinya? 😂 Bagaimana kabar hari-hari yang sudah berjalan di tahun ini? Bagaimana kondisi mental dan fisik di tahun ini?

Semoga semuanya sehat dan baik-baik dari segala aspek kehidupan ya 🥰



1 comment

  1. iya cepet banget mbak, tau tau udah akhir september
    pas kemarin berada di tanggal 1 september, mau menuju ke akhir bulan kayak lamaaa, ehh tau tau udah tanggal 25 aja
    nah akutu maunya kemarin ga males buat ambil kelas pengembangan diri, kenyataannya karena sibuk sana sini, akhirnya ga jadi ikutan

    semoga ke depannya makin baik lagi pokoknya, ga males juga aku

    ReplyDelete

Halo, salam kenal!

Terimakasih ya atas kesediaannya untuk membaca tulisan ini. Boleh ditinggalkan komennya agar kita bisa berkomunikasi satu sama lain :)

Sampai berjumpa di tulisan-tulisan berikutnya.